Minggu, 18 Maret 2012

Latar Belakang



Di dalam ajaran Islam telah digariskan bahwa mengasuh dan mendidik anak adalah salah satu tugas utama orang tua. Sebagaimana disebutkan di dalam sebuah hadis Rasulullah SAW :

Setiap anak  dilahirkan dalam kadaan fitrah. Maka kedua orang tuanya yang menjadikannya sebagai  Yahudi, Nasrani, atau Majusi. (HR Bukhari Muslim)

Akan tetapi seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan tuntutan masyarakat tidak semua orang tua memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan perkembangan anak sejak usia dini.

Proses pendidikan sejak usia dini memerlukan ilmu, keahlian, sistem pendidikan yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga potensi anak dapat berkembang secara optimal. Optimalisasi perkembangan kecerdasan memerlukan stimulasi dari lingkungan yang kondusif dan berkelanjutan dalam memberikan rangsangan fisik, kognitif dan rangsangan pemebentukan perilaku yang mencukupi kebutuhan perkembangan anak. Kurangnya stimulasi lingkungan akan menyebabkan perkembangan anak tidak optimal.

Untuk itu dibutuhkan peran pihak ketiga sebagai pengganti sementara peran orang tua yang dapat memberikan pengasuhan/pendidikan secara profesional, sehingga kebutuhan anak akan perhatian, kasih sayang, dan keteladanan dapat terpenuhi.

Bertolak dari pemikiran tersebut, dan berbekal pengalaman kami dalam dunia pendidikan Taman Kanak-kanak Islam selama 20 tahun, kami merasa terpanggil untuk mendirikan Taman Kanak-kanak Islam yaitu TK Islam Bintang Keluarga, yang selain membantu program pemerintah dalam pengadaan sarana pendidikan juga membantu memajukan pendidikan anak usia dini  dilingkungan sekitarnya.

TK ISLAM BINTANG KELUARGA, dikelola oleh Ibu Sri Mulyati, tenaga Pendidik yang mempunyai pengalaman selama 20 tahun dalam dunia pendidikan Taman Kanak-kanak, baik sebagai guru maupun sebagai Kepala sekolah. Pengalamannya dalam dua sistem pembelajaran di sekolah Taman Kanak-kanak (konvensional dan sistem sentra), telah menjadikannya semakin memahami bagaimana sebaiknya sistem pembelajaran di Taman Kanak-kanak dilaksanakan.

Bertolak dari pengalaman ini, maka didirikannyalah TK ISLAM BINTANG KELUARGA  yang menerapkan sistem sentra. “Belajar dari pengalaman, bahwa sistem sentra sangat sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini,” katanya menjelaskan. “Di Bintang Keluarga, dalam pelaksanaan sistem sentra tersebut pendidikan agama diberikan melalui integrasi pada setiap kegiatan. Dengan demikian diharapkan akan tebentuk generasi yang cerdas, aktif dan kreatif serta memiliki akhlakul karimah,” ungkapnya lebih jauh.

TK ISLAM BINTANG KELUARGA hadir dengan sistem sentra yang terintegrasi dengan pendidikan agama, menjadikannya sebagai pilihan tepat bagi keluarga yang ingin putera-puterinya berprestasi dan ber-akhlakul karimah.

0 komentar:

Poskan Komentar